Cerita Negeri Bahari

Sejak sebelum merdeka hingga sekarang, Wilayah Indonesia memiliki karakteristik yang istimewa dibandingkan mayoritas negara lain. Ribuan pulau menyela diantara dua benua dan dua samudera serta wilayah lautnya yang terbentang luas, pada akhirnya memperjelas julukan Indonesia sebagai negara maritim. Walaupun demikian, nyatanya sudah lama sektor maritim di Indonesia kerap kali terbias oleh sektor lain dalam pengembangannya.

Berbeda masa, berkiblat pada isu-isu pembangunan pada masa pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo, saat ini, harapan peradaban maritim kembali muncul. Sembilan agenda prioritas (Nawa Cita) dalam pemerintahan kedepan kini menjadi perwujudan salah satu tekadnya untuk mengembalikan jati diri Indonesia sebagai negara maritim. Harapan akan kembalinya karakter yang dulu pudar bersamaan dengan kesejahteraan masyarakat pesisir mulai ditumbuhkan kembali bersama dengan Nawa Cita.

Beribu kisah keadaan maupun harapan di negeri bahari dapat kita temukan. Baik kekayaan sumber daya alam, infrastruktur dan teknologi penunjang potensi, kehidupan para nelayan, jalur transportasi laut, hingga kehidupan masyarakat pesisir bisa menjadi sesuatu yang menarik untuk dikisahkan dalam sebuah potret jurnal penggambaran "Cerita Negeri Bahari".


CLAPROYEX #2 mempersembahkan lomba foto jurnalistik dengan tema “Cerita Negeri Bahari”. Foto yang dilombakan dilengkapi caption maksimal 100 kata. Caption foto berisi informasi yang menjelaskan gambar foto secara singkat, padat, jelas dan dapat membangun pemahaman pembaca tentang cerita di balik foto tersebut.


Peraturan Lomba Foto
  1. Peserta lomba terbuka untuk umum.
  2. Peserta diwajibkan melakukan registrasi dengan mengunduh formulir di clapeyronmedia.com.
  3. Peserta wajib mengikuti instagram Clapeyron: @clapeyron.ugm dan Line@ Clapeyron: @asx6449h (lihat ketentuan pengumpulan poin 1.5)
  4. Pendaftaran lomba tidak dipungut biaya.
  5. Foto yang dilombakan sesuai dengan tema, “Cerita Negeri Bahari”
  6. Masing-masing peserta boleh mengirimkan maksimal 2 foto.
  7. Foto yang dilombakan tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan kekerasan.
  8. Foto yang dilombakan adalah foto asli, karya sendiri, belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam kompetisi sejenis.
  9. Peserta bebas menggunakan kamera jenis apapun, dengan ketentuan foto minimal sisi terpendek 1920 piksel, dengan resolusi 300 dpi.
  10. Editing yang diperbolehkan sebatas perbaikan kualitas foto seperti brightness, saturation, contrast, dan crop. Tidak boleh menambahkan atau menghilangkan objek pada foto.
  11. Kriteria penilaian foto adalah kesesuaian foto dengan tema yang ditentukan, memenuhi unsur-unsur jurnalistik, komposisi (tata letak), caption, dan kreativitas. Bobot penilaian adalah sebagai berikut:
Kesesuaian foto dengan tema 25%
Memenuhi unsur-unsur jurnalistik 25%
Komposisi 20%
Caption 20%
Kreativitas 10%
  1. Dalam perlombaan ini akan diseleksi 75 foto terbaik hasil penilaian juri yang akan ditampilkan di Pameran Fotografi Claproyex. Selanjutnya akan dipilih 3 karya terbaik hasil penilaian juri dan 1 pemenang favorit hasil voting pengunjung pada Pameran Fotografi Claproyex.
  2. Dengan menyertakan karya, peserta tunduk pada peraturan dan ketentuan yang berlaku.
  3. Keputusan yang diambil oleh panitia dan juri bersifat mutlak, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat.
  4. Panitia tidak bertanggungjawab apabila ada pelanggaran hak cipta atau terdapat pihak yang mengajukan tuntutan hukum dari pihak lain terkait foto yang dilombakan.
  5. Foto yang diikutkan dalam perlombaan ini akan menjadi hak milik panitia yang akan dicetak dan ditampilkan di Pameran Fotografi Claproyex dan Workshop Fotojurnalistik Claproyex.
  Peraturan Pendaftaran Lomba Foto
  1. Pendaftaran lomba foto dibuka pada tanggal 14 Januari 2017 hingga 14 Februari 2017.
  2. Peserta wajib melakukan registrasi dengan cara mengunduh formulir di clapeyronmedia.com

Karya foto yang dikumpulkan berupa softcopy dengan format digital (JPEG) paling lambat 14 Februari 2017 melalui email: claproyexugm@gmail.com dengan ketentuan:

  1. Subjek berisi: Lomba fotojurnalistik CLPRYX_Nama Lengkap Peserta
  2. isi email:
    semua file dijadikan satu dalam bentuk .rar yang berisi:
    1. Softcopy file foto yang dilombakan, disimpan dengan ketentuan nama:
      CLPRYX_Nama Lengkap Peserta_Urutan Foto yang disubmit bila lebih dari satu (maksimal 2)_Judul Foto.
      Contoh: CLPRYX_Wildan Budi_1_Cerita Negeri Bahari
    2. Formulir Pendaftaran (.doc) yang dapat diunduh disini, dengan satu halaman untuk satu foto
    3. Scan kartu identitas (KTP/SIM)
    4. Screenscapture laman instagram yang telah mengikuti instagram Clapeyron: @clapeyron.ugm dan Line@ Clapeyron: @asx6449h

Foto yang dikumpulkan di luar ketentuan di atas tidak akan diproses.

Contact Person
Ryan : 081328797111

More Info
Line : @asx6449h
Instagram : @clapeyron.ugm