Beranda BeritaHari Besar Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional

oleh Redaksi

Dewasa ini, isu-isu mengenai kesehatan mental semakin populer. Bullying, saling membicarakan keburukan orang lain, dan kecenderungan untuk terlihat lebih baik di antara manusia lainnya turut menjadi andil dalam isu kesehatan mental.

David M. Buss, psikolog asal Amerika, menyebutkan bahwa terdapat istilah ‘kompetisi intraseksual’ dalam dunia psikologi. Kompetisi intraseksual adalah kompetisi yang terjadi secara alamiah dengan sesama gender, baik sesama laki-laki maupun sesama perempuan. Namun, kita kerap melihat bahwa perempuan cenderung lebih sering mengalami kompetisi intraseksual dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini karena sejatinya perempuan memiliki indra perasa yang cukup kuat dan cenderung lebih sering mengekspresikan perasaannya secara verbal.

Kompetisi intraseksual ini dapat mengakibatkan seseorang memiliki gangguan kecemasan yang berlebih, menutup pertemanan, terhambatnya kemerdekaan untuk berkarya, merasa insecure, berkurangnya rasa percaya diri, berkurangnya waktu tidur sehingga imun tubuh semakin berkurang, hingga depresi akut.

Untuk mengetahui cara pencegahan kompetisi intraseksual, simak informasi selengkapnya pada infografis di bawah ini.

Akhir kata, Selamat Hari Perempuan Internasional!
Teruslah berkarya dan fokus pada tujuan masing-masing. Apapun jalan yang ditempuh untuk mencapai tujuan, kau tetap mulia.

Gambar oleh Bulan Aura
Tulisan oleh Nandhita Noorviana

Artikel Terkait