Beranda Berita Di Balik PPSMB UGM 2021

Di Balik PPSMB UGM 2021

oleh Redaksi

“Ragam Kreasi UGM Pancarkan Pesona Pertiwi” PPSMB Palapa UGM 2021

Beragamnya kreasi yang dipertunjukan pada pembukaan dan penutupan PPSMB UGM 2021 membuat takjub para Gadjah Mada Muda (Gamada) hingga masyarakat Indonesia. Diawali dengan berbagai konten pemantik yang tersebar luas di media sosial PPSMB UGM 2021 hingga opening dan closing ceremony turut memeriahkan ragam kreasi yang ada.

“Ragam Kreasi UGM Pancarkan Pesona Pertiwi” memiliki 2 identitas yakni Ragam Kreasi UGM dan Pancarkan Pesona Pertiwi. Kreasi ini datang dari mahasiswa UGM, staf universitas, serta panitia PPSMB UGM. Gamada diharapkan memiliki semangat mengembangkan keberanian berkreasi sehingga pesona kreasi Indonesia terpancar ke kancah yang lebih luas.

PPSMB atau PPKM?

“Untuk sekejap aku pikir PPSMB adalah akronim baru untuk peraturan seperti PPKM atau PSBB,” tulis akun @skywanderess dalam bahasa Inggris. Kesalahan persepsi mengenai PPSMB dan PPKM di twitter turut pula meramaikan PPSMB UGM 2021. Hal ini secara tidak langsung menjadi publikasi besar-besaran bagi PPSMB UGM 2021. Memang dengan adanya penerapan PPKM Level 4 di Daerah Istimewa Yogyakarta membuat banyak perubahan pada PPSMB UGM 2021. Kondisi Covid-19 yang tidak menentu turut menjadi tantangan dalam persiapan dan pelaksanaannya.

Berkaca dari pelaksanaan PPSMB 2020, panitia PPSMB 2021 mempersiapkan tiga skenario sekaligus untuk pelaksanaannya yaitu full luring, full daring, dan blended (campuran). Pada awalnya sesuai dengan harapan dari Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM, Profesor Djagal Wiseso Marseno, bahwa perkuliahan tahun ini dilaksanakan secara blended, PPSMB pun diharapkan dapat terlaksana secara blended pula. Akan tetapi datangnya kebijakan PPKM di sebagian besar wilayah Indonesia membuat perubahan yang tiba-tiba.

Panitia PPSMB harus melakukan penyesuaian salah satunya adalah dengan pemangkasan jumlah panitia PPSMB yang awalnya direncanakan 550 panitia untuk hadir, menjadi 300 panitia. Dikhususkan panitia yang menyiapkan PPSMB secara teknis (panitia acara, dokumentasi dan desain, perlengkapan dan logistik) tetap dilaksanakan secara blended. Hal ini sudah dikomunikasikan dengan pihak universitas dan juga Satgas Covid-19 di UGM.

Dalam pelaksanaannya PPSMB UGM dibantu oleh Satgas Covid-19 UGM mengenai pemberlakuan protokol kesehatan yang diperlukan. Kebijakan pertama adalah adanya pembatasan jumlah peserta terutama pada kegiatan yang melibatkan petinggi universitas. Kedua, adanya screening GeNose dan juga tes antigen untuk panitia yang bekerja secara langsung. Selain itu dalam pelaksanaan persiapan PPSMB, para panitia diwajibkan menggunakan masker ganda. Dengan ini pihak universitas turut memberikan bantuan dan fasilitas secara maksimal bagi pelaksanaan PPSMB UGM 2021.

Persiapan Acara PPSMB 2021

Meriahnya pelaksanaan PPSMB UGM 2021 tidak lepas dari persiapan yang sangat panjang. Dibutuhkan waktu 1-2 bulan persiapan untuk grand design yang melibatkan banyak pihak termasuk Rektor UGM.

Pada bulan Maret 2021 konsep PPSMB 2021 mulai diolah. Pada tahun ini PPSMB UGM 2021 menyongsong dua konsep yaitu konten berkala dan main event. Konten berkala sendiri merupakan konten yang di unggah melalui Youtube dan Instagram PPSMB UGM sejak persiapan dilakukan hingga penutupan yang bersifat edukatif dan informatif. Sedangkan main event adalah pertunjukan opening dan closing dari PPSMB UGM 2021.

Organisasi Mahasiswa Daerah (Ormada) ikut memeriahkan pagelaran PPSMB UGM 2021. Ormada dikenalkan melalui konten berkala yang dikemas dengan cara yang cukup unik, berupa challenge (spin the wheel dan quiz) antara Ormada. Tidak ketinggalan, Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) dan UKM juga turut memeriahkan PPSMB UGM 2021 melalui video sinematik. Dengan hal ini gamada dapat lebih mengenal organisasi yang ada di UGM dan prestasi-prestasinya.

Penyajian Hal Baru dan Unik PPSMB 2021

Menjawab pertanyaan dari Gamada dan mahasiswa yang belum pernah ke kampus, PPSMB UGM 2021 menghadirkan Kembara Loka. Kembara Loka merupakan peta virtual yang menampilkan kawasan UGM secara 3D dan menyajikannya dengan sudut 360 derajat ditambah infografis serta voice over yang informatif. Kembara loka dapat diakses melalui situs resmi PPSMB UGM 2021.

Adanya formasi 3D Rubik Karsa Gadjah Mada pada opening ceremony menjadi ciri khas PPSMB UGM 2021. Formasi ini tersusun dari 400 balok kinetik yang menampilkan berbagai bentuk sehingga menjadi alur cerita.

Begitu pula dengan Rinai Warna yang ditampilkan saat closing PPSMB UGM 2021. Berupa formasi water show yang menggambarkan harapan untuk para Gamada agar tetap terus berkreasi apapun tantangannya.

Rangkaian acara PPSMB 2021

Rangkaian acara PPSMB UGM 2021 dilaksanakan selama 12 hari, lebih panjang dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kegiatan ini terdiri dari empat rangkaian acara, yakni PPSMB Universitas, PPSMB Fakultas, PPSMB Soft-Skills, dan Pelaksanaan Action Plan. Kegiatan dibuka dengan opening ceremony pada tanggal 2 Agustus 2021 dan ditutup dengan closing ceremony pada tanggal 14 Agustus 2021.

Rangkaian opening ceremony PPSMB UGM 2021 dimulai dengan pembacaan laporan penerimaan mahasiswa baru, dilanjutkan Penyematan Jas Almamater kepada dua orang perwakilan Gamada. Penyematan tersebut dilakukan oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan Himne Gadjah Mada dan amanat oleh Rektor UGM.

Pada tahun ini, hadir tokoh nasional Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. dan Prof. Dr. Drs. Pratikno, M.Soc.Sc., sebagai pemberi orasi kepada Gamada. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian simbolis berupa Mekar Imaji. Mekar Imaji sendiri merupakan simbol bahwa Gamada siap mengembangkan kreasi terbaiknya. Diharapkan juga PPSMB UGM 2021 berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat umum. Acara pun ditutup dengan formasi 3D Rubik Karsa Gadjah Mada dan persembahan tarian selebrasi yang dapat menyongsong semangat para Gamada.

Pada tanggal 14 Agustus 2021 dilaksanakanlah closing PPSMB 2021. Sama seperti opening, rangkaian closing PPSMB disiarkan melalui kanal youtube resmi PPSMB sehingga para gamada dan seluruh masyarakat dapat menyaksikannya. Acara dibuka dengan sambutan dan pemaparan mengenai pelaksanaan PPSMB UGM 2021 oleh Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseni, M.Agr., serta ucapan selamat oleh para dekan tiap fakultas. Sambutan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc. turut serta memeriahkan acara ini.

Video berkonsep vlogging di Wisdom Park UGM menjadi hiburan tersendiri bagi para penonton. Dipandu oleh pewara PPSMB UGM 2021, bercerita mengenai prestasi-prestasi yang ada di UGM, mulai dari prestasi teknologi modern hingga UGM yang dikenal kental budaya tradisionalnya. Tidak ketinggalan, penampilan dari UKM kesenian yang menampilkan seni tradisional hingga modern, menunjukan beragamnya kreasi yang ada di UGM.

Upacara penutupan PPSMB UGM 2021 diakhiri dengan penutupan buku Mekar Imaji oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng. Indahnya pertunjukan Rinai Warna (formasi water show) turut mengakhiri penutupan dari seluruh rangkaian PPSMB UGM 2021.

Tulisan oleh Alya Ramadianisa
Data oleh Afaf Nadiyah Rifa P
Video oleh Tiara Ramadhani Trisnawati

Artikel Terkait