Beranda Berita Servis Gratis Puluhan Motor di Engine Tune Up 2021

Servis Gratis Puluhan Motor di Engine Tune Up 2021

oleh Redaksi

Sabtu (20/11), Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTM FT UGM) menyelenggarakan Engine Tune Up 2021. Kegiatan ini adalah acara tahunan yang merupakan bagian dari rangkaian acara dies natalis ke-62 KMTM FT UGM. Pukul 08:30 WIB, Engine Tune Up dibuka secara sederhana oleh pembawa acara dengan pembacaan doa dan briefing panitia

Engine Tune Up merupakan kegiatan mahasiswa pertama di Fakultas Teknik UGM yang diselenggarakan secara luring. Acara ini mengusung tema “Service for You Expertise for Us”. Ketua Kegiatan, Rifky Reinaldi, mengungkapkan makna dari tema tersebut. “Selain kami memberikan servis terbaik bagi para peserta, sebenarnya, kami juga mengasah serta meningkatkan kompetensi kami di bidang permesinan.”

Engine Tune Up merupakan kegiatan yang memberikan pelayanan servis sepeda motor. Sasaran peserta kegiatan ini adalah seluruh civitas academica di lingkungan Fakultas Teknik UGM. Salah satu keunikan dari kegiatan ini adalah untuk pertama kalinya, sejak dirintis pada era 90-an, mahasiswa teknik mesin turun tangan langsung menjadi mekanik dalam pelayanan servis.

Mahasiswa teknik mesin yang menjadi mekanik mendapatkan pembekalan dan pelatihan sejak bulan Agustus lalu. Tito dan Eko selaku perwakilan mekanik mahasiswa mengatakan bahwa pembekalan dan persiapan yang dilakukan secara langsung meliputi pelatihan tentang dasar-dasar mekanisme mesin motor dan praktik langsung penggantian busi, oli mesin, pengecekan sistem pengereman, dan sebagainya. Walaupun begitu, dalam kegiatan ini mahasiswa teknik mesin yang menjadi mekanik tidak “dilepaskan” begitu saja. Ada beberapa mekanik profesional yang membimbing sekaligus mengawasi proses pelaksanaan servis.

Rifky Reinaldi menambahkan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan sense of engineering para mahasiswa yang ingin menjadi mekanik. Hal ini karena para mahasiswa yang menjadi mekanik adalah mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 yang sebelumnya hanya mengikuti praktikum secara daring.

Tidak ada kriteria khusus mengenai tipe sepeda motor yang dapat dilayani. Baik sepeda motor bertransmisi manual maupun matik, semua bisa dilayani. Servis yang dilayani pada kegiatan ini hanya berupa pengecekan dan penggantian oli mesin, busi, dan lain sebagainya yang merupakan perawatan berkala sepeda motor. Kerusakan motor yang memerlukan rekayasa dan penggantian suku cadang, untuk saat ini belum bisa diakomodasi

Acara ini diselenggarakan selama dua hari saat weekend, 20–21 November 2021. Pelayanan servis dilaksanakan sejak pukul 08:30 hingga pukul 16:00 WIB. Kapasitas pelayanan servis pada acara ini mencapai 45 sepeda motor per harinya. “Kebetulan sepeda motor saya sudah saatnya untuk penggantian oli, saya senang bisa melakukan servis di sini karena tempatnya yang memadai dan mudah dijangkau,” kata Alvin seorang mahasiswa Teknik Geodesi.

Satu hal yang penting adalah acara ini diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semua panitia, termasuk teknisi, telah menerima vaksin sebanyak dua kali. Para peserta yang hadir pada acara ini juga melewati skrining temperatur badan dan mendapat hand sanitizer gratis. Jalur keluar-masuk dan ruang tunggu juga diatur sedemikian rupa sehingga tetap menerapkan social distancing.

Tulisan oleh Filipus Alfiandika
Data oleh Nadya Khailifa & Hakan Malika
Dokumentasi oleh Rafi Hanan

Artikel Terkait