Notice: Function is_tax was called incorrectly. Conditional query tags do not work before the query is run. Before then, they always return false. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 3.1.0.) in /home/claw7223/public_html/wp-includes/functions.php on line 5833
Sipil Berbagi 2022: Bagi-Bagi Takjil di Jalanan sampai Pelatihan di Panti Asuhan - Clapeyron
Beranda Berita Sipil Berbagi 2022: Bagi-Bagi Takjil di Jalanan sampai Pelatihan di Panti Asuhan

Sipil Berbagi 2022: Bagi-Bagi Takjil di Jalanan sampai Pelatihan di Panti Asuhan

oleh Redaksi

Sipil Berbagi merupakan salah satu program kerja tahunan dari KMTSL UGM. Dalam penyelenggaraannya, KMTSL UGM tahun ini berkolaborasi dengan Civil Foundation dan SKI Al-Hadiid. Dengan mengusung tema “Life of Giving, Love in Action”, Sipil Berbagi 2022 dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yang mencakup dua kegiatan utama, yaitu Bakmi (bagi-bagi makanan dan donasi) serta kunjungan ke panti asuhan. Sebelumnya, panitia telah mengadakan penggalangan donasi pada tanggal 26 Maret–20 April 2022 dan berhasil mengumpulkan dana hingga Rp10.444.000,00. Daniel Mareta selaku Penanggung Jawab Utama Sipil Berbagi 2022 menuturkan bahwa hasil donasi tersebut jauh melebihi ekspektasinya.

Dalam kegiatan Bakmi tanggal 22 April 2022, panitia menyalurkan donasi ke Panti Asuhan Sayap Ibu kemudian dilanjutkan dengan berbagi makanan gratis di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Panitia dibagi menjadi beberapa kelompok dengan lokasi/rute yang berbeda-beda hingga membentuk alur pembagian makanan gratis. Namun sayangnya, kegiatan ini sempat mengalami kendala akibat hujan deras yang mengguyur Yogyakarta saat itu. Akan tetapi, hujan tersebut tidak mengurangi semangat para panitia untuk tetap mewujudkan esensi dan menyukseskan kegiatan Bakmi.

Kegiatan kedua adalah kunjungan ke Panti Asuhan Nurul Haq Madania pada tanggal 23 April 2022. Bukan sekadar kunjungan, panitia turut memberikan wawasan kepada adik-adik panti melalui pelatihan dasar penggunaan software Microsoft Word. Sukma selaku Wakil Penanggung Jawab Sipil Berbagi 2022 menuturkan, “Latar belakang diadakannya pelatihan ini yaitu karena Microsoft merupakan software yang tergolong mudah untuk dioperasikan. Namun, sayangnya masih ada saja anak-anak yang belum mengenal dan terbiasa dengan software tersebut.”

Dalam pelaksanaannya, adik-adik panti dibagi menjadi lima kelompok yang dibimbing oleh dua kakak pemandu pada tiap kelompoknya. Terdapat juga sesi kuis untuk perwakilan adik-adik panti guna menguji pemahaman setelah pelatihan berlangsung. Adik-adik panti yang berani dan bersedia untuk mengerjakan kuis diberikan hadiah oleh panitia. Selama acara berlangsung, adik-adik panti tampak antusias dan aktif mengikuti arahan pemandu dan menjawab pertanyaan kuis yang diajukan.

Sipil Berbagi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya melibatkan banyak masyarakat dan berkolaborasi dengan pihak eksternal seperti PMI untuk menyelenggarakan kegiatan berupa donor darah dan pemeriksaan gizi gratis. Namun, sayangnya akibat pandemi, kegiatan Sipil Berbagi harus beradaptasi dengan prokes berlaku yang mengurangi keterlibatan masyarakat untuk sementara waktu demi tujuan keselamatan dan kesehatan bersama.

Kini di masa transisi, Sipil Berbagi tetap terlaksana walau dengan volume yang lebih kecil, seperti bagi-bagi makanan di jalanan dan kunjungan ke panti asuhan. “Untuk ke depannya, kami berharap Sipil Berbagi bisa lebih berinovasi lagi dan berkolaborasi dengan organisasi dari luar Teknik Sipil,” tutup Daniel.

Tulisan oleh Salsabila Salma Wijaya dan Sanitya Pralambang
Dokumentasi oleh Aneila Clarissa Febrianne

Artikel Terkait