Beranda Berita 9833 Bakal Inisiator Bangsa dalam PPSMB 2022

9833 Bakal Inisiator Bangsa dalam PPSMB 2022

oleh Redaksi

Selasa (19/7), keputusan penyelenggaraan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gadjah Mada 2022 dirilis melalui seluruh laman media sosial @ppsmb_ugm. Unggahan tersebut menyampaikan Surat Keputusan Rektor Nomor 611/UN1.P.I/KPT/HUKOR/2022 yang menyatakan bahwa rangkaian pembukaan, proses pembelajaran di kelas, dan penutupan diselenggarakan secara tatap muka langsung di kampus Universitas Gadjah Mada. 

Mempertimbangkan Beberapa Kriteria

Keputusan pelaksanaan PPSMB secara tatap muka tentunya diiringi dengan persyaratan bagi seluruh pihak yang terlibat, mulai dari kewajiban untuk melaksanakan vaksinasi minimal dua dosis hingga perizinan dari orang tua mahasiswa. Di samping itu, pihak UGM menyiapkan standard operating procedure (SOP) medis untuk mengantisipasi penularan Covid-19. SOP medis tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah dengan melaksanakan screening harian dan mewajibkan mahasiswa baru dari luar wilayah Yogyakarta untuk melakukan karantina mandiri. 

Screening harian dilakukan dengan pengisian formulir oleh para peserta dan checking oleh tim medis. Apabila terdapat indikasi tertentu, mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti rangkaian kegiatan. Selain itu, protokol kesehatan juga diberlakukan guna membantu panitia dan mahasiswa baru untuk melaksanakan kegiatan secara aman tanpa membahayakan kondisi fisik. Protokol yang diterapkan mencakup  penggunaan masker medis, masker KN 95, atau masker KF 94 untuk mencegah penularan virus dan kewajiban untuk membawa hand sanitizer serta berbagai macam peralatan pribadi.

Kilas Balik Dua Tahun PPSMB Daring

Berbagai macam skema telah dipersiapkan oleh panitia, mulai dari rencana kegiatan daring penuh, luring penuh, serta hybrid (campuran). Mempertimbangkan kebijakan PPKM yang diselenggarakan oleh pemerintah, PPSMB yang pada umumnya terkenal dengan formasi dan atribut capingnya terpaksa harus mendaringkan kegiatan selama dua tahun berturut-turut. Bagaimana bukan, lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia tak kunjung reda kala itu. 

Untungnya, kondisi itu tidak menghalangi panitia PPSMB untuk tetap berinovasi memeriahkan kegiatan orientasi mahasiswa tersebut.  Panitia PPSMB tentu harus menyesuaikan keadaan, salah satu upayanya, yakni dengan cara membatasi komunikasi langsung antarpanitia—secara luring terbatas dan mengikuti protokol kesehatan.

Rangkaian kegiatan PPSMB secara daring terdiri atas kegiatan sinkronus dan asinkronus. Melalui kegiatan sinkronus, dilakukan pemaparan materi selama enam hari berturut-turut. Meskipun dilaksanakan secara daring, mahasiswa baru tetap dapat berinteraksi aktif, baik dengan satu sama lain maupun dengan co-facilitator yang tersedia di masing-masing gugus. Diikuti dengan penugasan mandiri yang dikumpulkan secara daring melalui platform online, kegiatan PPSMB tidak menyurutkan antusiasme para mahasiswa baru.

Ribuan Mahasiswa Bercaping di Lapangan Pancasila

Upacara pembukaan dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2022 pukul 07.00 WIB di Lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube UGM. PPSMB 2022 menyongsong tema “Bakti Gadjah Mada Pilar Intelektual Nusantara”. Upacara diawali dengan pembacaan laporan penerimaan mahasiswa baru oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA, kemudian dilanjutkan dengan pengucapan janji Gamada oleh salah satu perwakilan Gadjah Mada Muda. Agenda berikutnya adalah penyematan jas almamater oleh Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., dilanjutkan dengan menyanyikan Himne Gadjah Mada. 

Setiap tahunnya, PPSMB mengundang tokoh nasional yang berbeda-beda pada upacara pembukaan. Tahun ini Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X hadir sebagai tokoh nasional di PPSMB UGM. Terdapat simbolis penyerahan Gadjah Mada Muda oleh Rektor UGM terhadap Sri Sultan Hamengkubuwono X. Di samping itu, beliau sebagai tokoh nasional juga menyampaikan orasi kepada para Gamada. Acara selanjutnya adalah pengucapan pakta integritas oleh Koordinator Umum PPSMB UGM 2022, Muhammad Dzaky yang kemudian diikuti oleh seluruh Koordinator Umum PPSMB Fakultas/Sekolah. Pembukaan PPSMB 2022 secara simbolis juga dilaksanakan dengan penyusunan potongan puzzle Pijar Bumantara yang menggambarkan bentuk intelektual dari insan muda yang memiliki pemikiran analitik, reflektif, dan solutif. 

Kegiatan PPSMB diselenggarakan pada rentang 1-6 Agustus 2022. PPSMB Universitas yang bertujuan untuk mengembangkan jiwa ke-UGM-an dan karakter Sang Juara dilaksanakan pada tanggal 1-2 Agustus 2022. Disambung dengan PPSMB Fakultas/Sekolah pada 3-4 Agustus 2022, kemudian PPSMB Soft Skills yang mengajarkan tentang keterampilan hidup, beradaptasi, memperkenalkan mahasiswa dengan cara belajar efektif, berpikir kritis, serta mendorong mahasiswa aktif dalam pengembangan soft skill pada tanggal 5-6 Agustus 2022. Pada tanggal 6 Agustus 2022, terdapat upacara penutupan PPSMB di Lapangan Pancasila. Agenda terakhir yang diselenggarakan, yakni action plan pada tanggal 7-13 Agustus 2022.

Berakhirnya Rangkaian PPSMB, Pertanda Gamada Siap Berdinamika

Sabtu (6/8), upacara penutupan PPSMB UGM dilaksanakan. Upacara tersebut dibuka dengan Parade Lokacita—parade yang ditampilkan oleh perwakilan masing-masing unit kegiatan mahasiswa (UKM) di UGM. Gamada melakukan mobilisasi pembentukan formasi di Lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana sembari diiringi penampilan lagu oleh Gamaband. Setelah seluruh Gamada menempati posisi masing-masing, dilakukan pembacaan laporan pelaksanaan PPSMB UGM 2022 oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si.

Upacara penutupan ini juga dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) sekaligus Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo S.H., M.IP. Beliau melakukan orasi interaktif dengan beberapa mahasiswa baru. Agenda berikutnya adalah simbolis penutupan PPSMB UGM yang sekaligus menjadi puncak dari seluruh rangkaian kegiatan. Penutupan secara simbolis dilakukan oleh Rektor UGM beserta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni dengan mengambil kepingan puzzle utama yang kemudian diserahkan kepada perwakilan Gamada.

Penutupan ini bukanlah akhir perjuangan Gamada, tetapi menjadi pertanda bahwa kegiatan action plan dimulai. Kemeriahan PPSMB mencapai puncaknya ketika agenda selebrasi formasi dilaksanakan. Selebrasi formasi menjadi salah satu agenda yang banyak ditunggu sekaligus menjadi ciri khas pelaksanaan acara. Upacara penutupan resmi berakhir dengan semarak tarian selebrasi oleh seluruh Gamada dan pihak yang terlibat.

Amat disayangkan, penyelenggaraan PPSMB secara luring penuh yang telah ditunggu-tunggu selama dua tahun lamanya masih belum bisa diliput oleh pihak Clapeyron karena keterbatasan kuota liputan yang tersedia, baik untuk badan pers internal maupun eksternal. Walaupun begitu, kemeriahan dan antusiasme yang dirasakan para mahasiswa baru dalam kegiatan PPSMB 2022 tetap harus diabadikan melalui tulisan sebagai kenangan untuk diingat di masa depan.

Tulisan oleh Aizna Syachkalita

Data oleh Saiful Wasiim Maisaan

Ilustrasi oleh Hanif Albaihaqi

Artikel Terkait