Beranda Video [Perjalanan Bimasakti] Plenum dan Strategi Bimasakti untuk Tahap Finalisasi

[Perjalanan Bimasakti] Plenum dan Strategi Bimasakti untuk Tahap Finalisasi

oleh Redaksi

Setelah sebelumnya sempat mendapati masalah perkabelan di mesin mobil mereka, akhirnya pada uji jalan kali ini (24/7), tim Bimasakti UGM mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Kali ini, tim teknis Bimasakti menguji pengaruh penggunaan plenum atau tampungan udara. Dengan adanya plenum, jumlah udara dalam mesin lebih banyak, sehingga diharapkan udara tersebut dapat memacu mobil untuk meraih kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan plenum.

Rifqi Dwantara, koordinator divisi Engine and Powertrain, mengatakan bahwa uji jalan kali ini adalah uji jalan yang menampilkan performa terbaik dengan pengaturan engine terbaik pula. Bisa dikatakan, mereka sudah siap untuk mengikuti kompetisi. Meski begitu, mereka masih mencari-cari pengaturan terbaik dengan cara melakukan beberapa uji jalan lagi untuk ke depannya.

Menurut Rifqi, selain untuk meraih kecepatan terbaik, uji jalan juga dilakukan untuk pembiasaan driver dalam menguasai mobil, di samping latihan fisik secara rutin yang telah dilakukan oleh driver.

Setelah uji jalan kali ini, proses dilanjutkan dengan pengecatan. Seluruh bagian mobil harus dilepas dan dibersihkan dari karat terlebih dahulu, barulah siap untuk dilakukan pengecatan. Pengecatan dilakukan secara dua lapis. Lapisan pertama yang merupakan cat dasar yang berfungsi agar warna utama dari frame dapat melekat dengan sempurna. Lapisan kedua dari proses pengecatan merupakan warna utama dari frame mobil. Proses terakhir setelah pengecatan yaitu assembly atau pemasangan kembali seluruh bagian mobil.

Tak kalah penting, anggota Bimasakti bagian non teknis juga tengah melakukan persiapan untuk menghadapi beberapa kompetisi bagian Static Events. Jika Dynamic Events dibagi menjadi empat kategori, yaitu Acceleration, Skidpad, Autocross, dan Endurance & Efficiency, pada bagian Static Event kategori yang dilombakan juga cukup banyak, di antaranya yaitu Cost Report, Business Logic Case, Design Report, Design Spec Sheet, Design Presentation, Business Presentation, dan Real Case Scenario.

Persiapan yang dilakukan bermacam-macam, salah satunya yaitu dengan latihan untuk tampil dalam Business Presentation. Dalam latihannya, mereka dipandu oleh mentor-mentor yang ahli dalam bidang tersebut, seperti Ir. Ahmad Yuniarto, seorang CEO Schlumberger Indonesia tahun 2011-2015 dan beberapa dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.

[youtube id=”tklBtB11xJA” width=”600″ height=”340″ position=”left”]

Video oleh Harry Reiynhard
Tulisan oleh Sativa D

Ikuti perjalanan Bimasakti di :
LINE: @wsj6310v
Instagram: @bimasaktiugm
Twitter: @bimasakti_ugm
Facebook: Bimasakti FSAE UGM
Website: bimasakti.ft.ugm.ac.id
Email: bimasakti.fsaeteam@ugm.ac.id

Dapatkan informasi lainnya dengan mengikuti media sosial kami:
Line: https://line.me/R/ti/p/%40asx6449h
Instagram: @clapeyron.ugm
Laman: clapeyronmedia.com
Surel: humas@clapeyronmedia.com

#PerjalananBimasakti
#KeepAcceleratingForward
#BIM45AKTI

Artikel Terkait