Beranda BeritaLiputan Hari Pendidikan Tinggi Teknik Ke-74: Pendidikan yang Inovatif untuk Pembangunan Berkelanjutan

Hari Pendidikan Tinggi Teknik Ke-74: Pendidikan yang Inovatif untuk Pembangunan Berkelanjutan

oleh Redaksi

Senin (17/02), telah berlangsung Rapat Senat Terbuka Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM) dalam rangka Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT) ke-74 yang bertempat di Grha Sabha Pramana. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Himne Gadjah Mada oleh seluruh peserta dan pembukaan oleh Ketua Senat FT UGM. Pidato ilmiah dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, laporan Dekan FT UGM, serta laporan Senat FT UGM menjadi rangkaian acara selanjutnya. Penganugerahan Herman Johannes Award kepada Koichiro Watanabe serta Wardiyasa menjadi penutup rangkaian Rapat Senat Terbuka FT UGM.

Dalam Rapat Senat Terbuka ini, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, menyumbangkan pidato ilmiah yang membahas tentang Pengembangan Sistem Transportasi Menuju Pembangunan yang Berkeadilan dan Berkelanjutan. Beberapa visi Presiden Republik Indonesia dalam hal pembangunan insfrastruktur juga ia sampaikan dalam pidato ilmiahnya. Aspek yang harus dimiliki infrastruktur transportasi yang pertama, transportasi harus mengandung makna berkeadilan guna kemakmuran dan kesejahretaan rakyat. Untuk mencapai hal ini, Kementerian Perhubungan RI melakukan pengembangan tol laut, tol udara, kapal perintis, dan bandar udara. Aspek yang kedua yaitu, transportasi berkelanjutan deengan mengacu pada Sustainable Developmemt Goals (SDGs) 2016 juga menjadi fokus utama dengan pembangunan terminal Teluk Lamong, Surabaya yang menjadi Green Port pertama di Indonesia serta pelabuhan Tanjung Priok yang akan menyusul selanjutnya.

Dalam kesempatan wawancara dengan awak Clapeyron, Budi Karya Sumadi menyampaikan perlu dilakukan investasi dalam pengembangan Green Port yang memiliki deteksi potensi tumpahan minyak dan pengembangan mangrove di sekitar pelabuhan. Dalam hal ini Terminal Teluk Lamong, Surabaya menjadi salah satu penerapan Green Port yang memiliki deteksi tumpahan minyak dan tidak menggunakan energi fosil. Ia juga berpesan untuk mahasiswa UGM agar terus menggali potensi diri di dalam maupun di luar kelas. Mahasiswa tidak boleh hanya mengandalkan buku cetak untuk dapat bersaing dengan mahasiswa internasional.

Dekan FT UGM, Nizam, di dalam laporannya menyampaikan tentang pencapaian serta pertanggungjawaban kinerja FT UGM selama satu tahun terakhir. Terdapat 43.000 sarjana , master, dan doktor yang telah menjadi alumni Fakultas Teknik pada 2019 lalu. Tercatat sebanyak 1.387 artikel dan 102 hak kekayaan intelektual telah dipublikasi oleh dosen FT UGM sepanjang 2019 lalu. Sebanyak 18 akreditasi internasional juga telah diperoleh program studi S1 Fakultas Teknik. FT UGM juga mencatat pencapaian sejumlah 271 prestasi di tingkat internasional dan nasional, meningkat sebesar 20 persen dari tahun sebelumnya.

Penyampaian laporan Senat oleh Rektor Universitas Gadjah Mada, Panut Mulyono, berbicara tentang keputusan-keputusan Senat Fakultas Teknik UGM pada 2019. Keputusan yang disampaikan seperti kenaikan pangkat/jabatan dosen, pengembangan program, pergantian pejabat, usulan calon tenaga pendidik, serta rencana Rapat Senat FT UGM 2020. Acara terakhir adalah pemberian Herman Johannes Award kepada Koichiro Watanabe untuk bidang pengembangan riset dan kerjasama antar bangsa serta Ir. Wardiyasa untuk bidang pengembangan industri kimia dasar.

Tim Liputan Clapeyron

Artikel Terkait