Beranda Berita Hari Gerakan Satu Juta Pohon

Hari Gerakan Satu Juta Pohon

oleh Redaksi

Pohon merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia. Pohon dapat membersihkan udara, menyediakan air bersih, memenuhi kebutuhan pangan dan papan manusia, serta mencegah bencana banjir dan tanah longsor. Tidak hanya bagi manusia, tetapi pohon juga memberikan manfaat bagi makhluk hidup lainnya sebagai tempat tinggal mereka.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia menjadi salah satu negara yang berperan dalam menjaga kestabilan iklim dunia. Namun kenyataannya banyak penebangan hutan liar, pembukaan lahan dengan cara membakar hutan, dan kerusakan hutan lainnya yang terjadi di Indonesia.

Satu pohon begitu berarti bagi ekosistem kehidupan di dunia. Maka dari itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menetapkan tanggal 10 Januari sebagai Hari Gerakan Satu Juta Pohon. Penetapan Hari Gerakan Satu Juta Pohon diharapkan dapat menyadarkan manusia akan pentingnya menanam pohon guna keberlangsungan hidup manusia. Semoga dengan diperingatinya Hari Gerakan Satu Juta Pohon, manusia selalu ingat akan pentingnya menjaga kelestarian alam.

Tulisan oleh Reiner Arya
Gambar oleh Nibroos Muhammad Nashshoor

Artikel Terkait