Beranda Berita Dua Minggu Berlalu, Sudahkah Kalian Rindu?

Dua Minggu Berlalu, Sudahkah Kalian Rindu?

oleh Redaksi

Dua pekan terhitung sejak hari Senin (31/8), yang merupakan hari diselenggarakannya Pelatihan Pembelajaran Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gadjah Mada 2023  dengan perubahan nama  PPSMB Palapa menjadi PPSMB Pionir bertajuk “Inisiatif Gadjah Mada, Akselerasi Peradaban Bangsa”. 

Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Mengusung Tema Baru

Pada tahun-tahun sebelumnya, PPSMB UGM mengusung nama “Palapa” untuk memperkenalkan budaya akademik di UGM, khususnya untuk mengurangi tingkat kekerasan kakak tingkat pada adik tingkatnya. Dengan peralihan tema PPSMB tahun ini, yaitu “Pionir”, UGM ingin menekankan bagaimana para mahasiswa mampu memiliki tekad, inisiatif, dan semangat yang kuat untuk menghadapi kesuksesan yang akan datang. 

PPSMB Palapa dan Pionir memiliki perbedaan mendasar, yaitu dengan meniadakan penugasan PPSMB dan memaksimalkan seluruh kegiatan saat acara berlangsung sehingga Gamada tidak akan membawa pulang tugas dalam bentuk apapun. 

“Adik-adik ini kan baru saja mau memasuki (perkuliahan) dan beradaptasi. Kita buat pembelajaran ini sehalus mungkin, tidak ada kekerasan, dan materi benar-benar terserap dengan baik. Melalui ide-ide gembira, nantinya diharapkan dapat muncul ide-ide kreatif dan menjadi inisiator,”

ucap drg. Hendri Susanto, M.Kes., Ph.D. selaku Ketua Task Force PPSMB. 

Sejak sepuluh tahun lalu, budaya senioritas dan kekerasan marak berkembang pada masa orientasi mahasiswa. Meninjau fenomena tersebut, PPSMB berusaha untuk menghilangkan budaya senioritas dan kekerasan melalui pendalaman materi tanpa tekanan. Hal tersebut secara tidak langsung memunculkan hasil yang signifikan. Harapannya, dengan konsistensi yang dibangun dari tahun ke tahun, PPSMB mampu mewujudkan metode belajar yang menyenangkan dan bebas kekerasan.

10.106 Mahasiswa Baru Berkumpul di Lapangan Pancasila

Pada hari Senin, 31 Juli 2023 pukul 07:00 WIB telah dimulai upacara penerimaan mahasiswa baru dan pembukaan PPSMB Pionir Gadjah Mada di Lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana. Kegiatan ini disiarkan langsung melalui kanal YouTube UGM. Upacara diawali dengan pembacaan laporan penerimaan mahasiswa baru dan prestasi mahasiswa oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA, kemudian dilanjutkan dengan penyematan jas almamater oleh Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., beserta jajaran pimpinan kepada perwakilan Gadjah Mada Muda. Acara selanjutnya adalah pengucapan janji Gamada yang kemudian disambung dengan agenda menyanyikan Himne Gadjah Mada. 

Terdapat hal baru yang sangat menarik pada kegiatan PPSMB Pionir 2023, yaitu penampilan-penampilan kolaboratif Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dilanjutkan dengan orasi tokoh nasional. Setiap tahunnya, PPSMB mengundang tokoh nasional yang berbeda-beda untuk memantik semangat mahasiswa. Pada tahun ini, Menteri Perhubungan Republik Indonesia Dr. (H.C) Ir. Budi Karya Sumadi mengambil peran dalam agenda orasi tokoh nasional PPSMB Pionir 2023. Acara selanjutnya adalah pengucapan pakta integritas oleh Koordinator Umum PPSMB UGM 2023, Zaid Muhammad Abudzar yang kemudian diikuti oleh seluruh Koordinator Umum PPSMB Fakultas/Sekolah. Pembukaan PPSMB 2023 secara simbolis dilaksanakan dengan peletakan kotak pakta integritas sebagai petanda disahkannya pakta integritas oleh PPSMB Pionir yang diikuti oleh seluruh PPSMB Fakultas/Sekolah.

Kegiatan PPSMB Pionir dan PPSMB Fakultas/Sekolah diselenggarakan pada rentang 31 Juli–5 Agustus 2023. Dua hari terhitung sejak tanggal 31 Juli 2023, dilaksanakan PPSMB Pionir yang memiliki makna pelopor sebagai garda terdepan dalam memberikan perubahan dengan hasil yang terbaik, serta dapat menanam nilai dasar lainnya, yaitu progresif, inovatif, optimis, nasionalis, dan rasional. Disambung dengan PPSMB Fakultas/Sekolah pada 2 Agustus hingga 3 Agustus 2023 yang mengenalkan rangkaian kegiatan orientasi dan pengenalan lingkungan kampus tingkat fakultas yang terdiri dari mahasiswa fakultas tersebut. Agenda selanjutnya yaitu PPSMB Soft Skills yang memberi pembekalan mahasiswa baru mengenai keterampilan hidup, kemampuan beradaptasi, time management, serta mendorong mahasiswa untuk mengembangkan soft skills dalam upaya peningkatan kualitas dan kompetensi diri untuk menjadi problem solver. PPSMB Soft Skills diselenggarakan pada 4–5 Agustus 2023.  Pada 5 Agustus 2023, diselenggarakan upacara penutupan PPSMB Pionir di Lapangan Pancasila. Agenda terakhir yang diselenggarakan, yakni action plan diagendakan berlangsung pada tanggal 7–12 Agustus 2023. 

GAMADHIRA sebagai perjalanan awal mahasiswa baru Fakultas Teknik

Selasa (2/8), PPSMB Fakultas dilaksanakan di Fakultas/Sekolah masing-masing.  PPSMB Kesatria Fakultas Teknik 2023 tahun ini bertajuk “GAMADHIRA” sebagai awal perjalanan dari keberagaman individu dengan latar belakang yang berbeda-beda dan mampu menghasilkan individu yang bijaksana dalam bersosialisasi, tangguh layaknya kesatria, dan kolaboratif antarsesama demi menciptakan ragam warna bersama di Fakultas Teknik. 

PPSMB Kesatria dilaksanakan tanggal 4–5 Agustus yang diawali dengan upacara pembukaan, serta beragam acara seperti kepemanduan, pengenalan berbagai lembaga, misalnya Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik UGM (BEM FT UGM). Pada hari kedua acara tersebut, terdapat pameran karya serta pengenalan tim-tim besar yang berada di UGM, seperti Bimasakti, Arjuna, Semar, dan lain-lain. Acara selanjutnya merupakan talkshow yang menghadirkan pembicara spesial, yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc. yang memberikan berbagai pembelajaran terhadap perkembangan terkait infrastruktur di Indonesia saat ini dan di masa mendatang.

PPSMB Kesatria ditutup dengan inovasi berupa formasi angkatan yang belum pernah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Berakhirnya PPSMB Kesatria menjadi langkah awal bagi mahasiswa Fakultas Teknik untuk menapakkan kakinya di dunia perkuliahan. 

Penutupan PPSMB Sebagai Permulaan Gamada Dalam Berdinamika di UGM 

Sabtu (5/8), upacara penutupan PPSMB UGM dilaksanakan. Upacara tersebut dibuka dengan penampilan sejumlah lagu oleh Gama Band, sekaligus Gamada melakukan mobilisasi membentuk formasi di Lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana. Acara selanjutnya, yaitu menyanyikan Hymne Gadjah Mada. Pembacaan doa dilakukan oleh Bapak Fitri Alfariz S.Fil., M.Hum., disusul dengan pembacaan laporan pelaksanaan PPSMB Pionir 2023 oleh Dr. Sindung Tjahyadi, M.Hum. 

Upacara penutupan juga dihadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo melalui pre-record dalam pidato singkatnya memberi ucapan selamat datang kepada Gamada serta memberi nasihat kepada mahasiswa baru. 

“Jadilah pelajar yang kreatif dan inovatif, pembelajar yang adaptif, dan pantang menyerah,” kemudian Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat, dan Alumni yakni Dr. Arie Sudjito, S.Sos., M.Si. menyampaikan orasi kebangsaan untuk para Gamada, selepas itu dilanjutkan dengan penampilan lagu oleh Kage Band. 

Saka Sambegana merupakan sebuah instalasi yang dibuat untuk menampilkan kenangan manis yang terjadi di UGM selama lima tahun terakhir. Saka Sambegana diambil dari bahasa Sansekerta. Saka berarti monumen dan Sambegana berarti kenangan. Kemudian ditampilkan pula video Asa Dikara yang merangkum seluruh acara PPSMB dari tahun ke tahun dalam sebuah cuplikan kenangan. PPSMB Pionir secara resmi ditutup dengan pemukulan gong oleh Rektor UGM, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, Koordinator Umum PPSMB, beserta perwakilan Koordinator Divisi PPSMB Pionir. 

Penutupan PPSMB ini bukanlah akhir perjuangan Gamada, tetapi menjadi pertanda bahwa kegiatan action plan dimulai. Puncak kemeriahan PPSMB terjadi ketika berlangsung agenda selebrasi formasi. Agenda ini adalah agenda yang paling ditunggu-tunggu sekaligus menjadi ciri khas pelaksanaan PPSMB UGM. Upacara resmi berakhir dengan semarak tarian selebrasi oleh seluruh Gamada yang kemudian diakhiri dengan penampilan Gama Band. 

Pada tahun ini, dikarenakan keterbatasan kuota liputan yang tersedia, baik untuk badan pers internal maupun eksternal, Clapeyron belum bisa meliput secara penuh rangkaian PPSMB Pionir 2023. Walaupun begitu, kemeriahan dan antusiasme yang dirasakan para mahasiswa baru harus diabadikan melalui tulisan sebagai kenangan di masa depan.

Tulisan oleh Audi Muthia Aqila

Data oleh Yasmina Rahma Khairunnisa

Dokumentasi oleh Puspita Dewi Cahyani, Muhammad Naufal Aqil Farhan, Ambrosius Bowo Laksono

Tim Liputan Clapeyron (Audi, Yasmina, Puspita, Aqil, Ambro)

Artikel Terkait