Beranda Artikel Maret Waktunya Berkelana di Claproyex 2016

Maret Waktunya Berkelana di Claproyex 2016

oleh Redaksi
logo 3

Foto Oleh : Kemal Fardianto

Sudahkah memiliki rencana untuk mengisi waktu di bulan Maret? Jika belum, berkunjung ke KPFT (kantor Pusat Fakultas Teknik) UGM merupakan hal yang tepat. Pasalnya, mulai tanggal 18 hingga 20 Maret akan diadakan acara Claproyex 2016.

Claproyex merupakan kependekan dari “Clapeyron Proyek & Expo”. Acara tersebut diadakan oleh awak Clapeyron (pers mahasiswa Teknik Sipil UGM) dan sifat acaranya terbuka untuk umum. Tema acaranya pun unik, yaitu “Kerumunan Berkelana”, artinya setiap orang memerlukan perpindahan dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan waktu yang singkat.

Rangkaian acara Claproyex 2016 tergolong menarik dan berbeda. Rangkaian acara tersebut terdiri dari Pameran Seni, Workshop Kejurnalistikan, Talkshow Perkeretaapian Indonesia, dan Launching Majalah Clapeyron volume 61.

Pameran seni diadakan setiap hari selama acara berlangsung. Karya-karya yang dipamerkan pun tak hanya dari mahasiswa Teknik Sipil UGM saja, melainkan dari mahasiswa non Teknik Sipil dan beberapa seniman di Yogyakarta. Tak hanya karya yang dipajang saja, setiap harinya juga akan ada pertunjukan seni seperti tari, teater, dan musik.

Pada tanggal 19 Maret yaitu hari kedua, akan diadakan Workshop Kejurnalistikan. Acara Workshop akan diisi oleh jurnalis professional untuk membahas cara peliputan dan fotografi yang benar. Adapun peserta acara Workshop yaitu kalangan pers mahasiswa, baik di UGM maupun diluar UGM. Untuk mengikuti acara ini pun peserta cukup mendaftar tanpa dikenakan biaya.

Pada hari terakhir, tepatnya tanggal 20 Maret, akan diadakan Talkshow Perkeretaapian Indonesia. Acara Talkshow tersebut akan mengundang pembicara-pembicara yang berkualitas untuk membahas tentang permasalahan dan perkembangan perkeretaapian di Indonesia. Sama halnya dengan Workshop, untuk mengikuti Talkshow peserta cukup mendaftar tanpa dikenai biaya sepeser pun.

Setelah talkshow selesai, tiba waktunya untuk launching Majalah Clapeyron volume 61. Pada volume 61 ini, Majalah Clapeyron mengangkat tema “Kabar Perkeretaapian Indonesia”. Tema tersebut diangkat guna memberikan edukasi dengan mengupas perkembangan perkeretaapian di Indonesia dari perspektif sarana & prasarana, teknologi dan sosio-ekonomi.

Penulis :
Gatra Dewa Oktananda

Artikel Terkait